Menu Tutup

5 Tips membangun rumah impian anda

Kemunculan perumahan-perumahan baru di perumahan batu malang memberikan kemudahan bagi calon konsumen yang ingin membeli rumah. Membeli rumah yang sudah jadi dari pengembang memang lebih praktis dengan segala fasilitas dan metode pembayaran yang ditawarkan. Namun, perlu diingat bahwa spesifikasi dan desain rumah adalah milik pengembang. Hasilnya adalah rumah-rumah yang seragam dan ruang untuk modifikasi terbatas. Rumah jadi dari pengembang mungkin bukan pilihan untuk Anda yang ingin punya rumah berkarakter dan one of a kind. Pilihannya adalah membangun rumah sendiri dari nol yang membutuhkan keterlibatan Anda dari awal hingga akhir. Meskipun begitu, perlu diingat bahwa proses perencanaan dan pembangunan benar-benar harus dilakukan dan diawasi dengan teliti. Bila tidak, bukannya tidak mungkin uang yang harus Anda keluarkan akan sangat besar hanya untuk membangun eksterior rumah saja. Agar bisa menghemat pengeluaran dalam mendesain dan membangun rumah impian, perhatikan tips-tips berikut ini supaya anggaran Anda tidak habis untuk membangun hal-hal yang tidak penting atau berguna.

1. Desain yang Tidak Rumit dan Minimalis

Dengan desain minimalis , material dan biaya jasa yang digunakan bisa ditekan karena tidak banyak ornamen dekoratif di fasad rumah. Hal ini membuat waktu pembangunan pun jauh lebih cepat dibandingkan dengan gaya arsitektur lain yang lebih kompleks. Selain desain eksterior, Anda juga bisa melakukan penghematan dengan membuat ruangan multifungsi. Mengurangi jumlah ruangan di rumah juga bisa mengurangi berbagai biaya, mulai dari biaya desain sampai biaya konstruksi dan penyelesaian. Misalnya, buat ruang kerja yang juga jadi entertainment room, atau menggabungkan dapur dan ruang makan yang diberi sekat.

2 Tim Konstruksi yang Efisien

Saat denah sudah di tangan dan akan berlanjut ke proses pembangunan, ini adalah waktunya untuk mencari tim konstruksi yang efisien. Efisien berarti jujur, aktif, komunikatif kepada Anda. Hal yang terpenting adalah bisa bekerja sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan tanpa mengorbankan kualitas pengerjaan yang teliti dan rapi. Pilih mandor dan pekerja konstruksi yang benar-benar bisa Anda percaya, maka waktu Anda tidak akan habis untuk mengawasi mereka. Minta rekomendasi kepada arsitek rumah Anda, keluarga, teman, atau kolega yang juga membangun rumahnya sendiri. Jangan sampai Anda harus mengalami masalah-masalah yang pada akhirnya merugikan secara finansial seperti material bangunan yang raib, pekerja yang kabur, atau nantinya rumah dengan hasil yang buruk.

3.Gunakan Bahan Bangunan Lokal

Bahan bangunan berkualitas tak harus mahal atau pun produksi luar negeri. Untuk menghemat biaya pembangunan rumah, Anda bisa menggunakan bahan bangunan lokal seperti kayu, bambu, dan lainnya. Selain mudah ditemukan, jenis bahan bangunan tersebut juga lebih murah.

Baca juga : Keuntungan Memiliki Rumah Dekat Tempat Wisata

4.Membuat Ruangan Multifungsi

Rumah yang memiliki banyak ruangan cenderung memakan biaya lebih mahal, karena membutuhkan bahan bangunan yang lebih banyak. Untuk menghematnya, buatlah ruangan multifungsi. Misalnya ruang tamu yang juga berfungsi sebagai ruang keluarga, atau dapur yang disatupadukan dengan ruang makan. Pembuatan ruangan multifungsi ini sesuai dengan desain rumah tipe minimalis. Tidak butuh banyak ruangan, sehingga lebih hemat dalam penggunaan bahan bangunan

5.bangun Secara Bertahap

Untuk membangun rumah sendiri, pada dasarnya Anda tak harus menunggu sampai dana mencukupi keseluruhan bagian dari pembangunan tersebut. Anda bisa memulainya secara bertahap. Mulai dari pembuatan fondasi, pendirian bangunan, hingga pemasangan atap dilakukan dan disesuaikan dengan budget yang ada. Memang hal ini bisa memakan waktu lebih lama, tetapi hal tersebut memberikan kesempatan bagi Anda untuk lebih fokus pada setiap tahapnya, serta dana yang dikeluarkan pun dapat lebih teratur dan mudah dipantau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *